BLOGGER TEMPLATES AND Tagged Layouts »

Rabu, 28 September 2011

ATURAN PERMAINAN (Rules of Engagement)


Airsoft merupakan aktifitas olah raga permainan dengan nuansa militer yang kental. Namun airsoft tetap merupakan sebuah olah raga permainan, karena itu diharapkan untuk tidak terlalu serius dalam menanggapi situasi yang terjadi dilapangan selama permainan berlangsung, keep it safe and fair.
1.      Keamanan Perorangan (Personal Safety), Walaupun airsoft merupakan aktifitas yang aman, namun resiko cedera tetap ada seperti layaknya aktifitas outdoor lainnya. Untuk itu setiap peserta harus selalu melindungi dirinya setiap saat dengan perlengkapan yang memadai. Beberapa perlengkapan yang digunakan oleh airsofter adalah:
a.    Goggle atau pelindung mata (WAJIB). Merupakan perlengkapan yang wajib dipakai pada saat wargame maupun saat berada di lokasi wargame. Gunakan pelindung mata (goggle) yang cukup kuat agar tidak pecah bila terkena tembakan. Hindari menggunakan sun-glasses karena tidak dirancang untuk wargame. Untuk mendapatkan informasi seputar safety goggle bisa ditanyakan kepada pengurus.
b.    Pakaian dan sepatu outdoor. Gunakan pakaian dan sepatu yang cocok untuk aktifitas outdoor. Pakaian dan sepatu yang tidak pas untuk kegiatan outdoor akan menyulitkan dalam bergerak, hingga dapat mengakibatkan cedera.
c.    Pakaian seragam. Airsoft adalah permainan dimana saat permainan dimulai akan terjadi tembak menembak menggunakan mainan Airsoft gun. Karena itu ada yang memilih menggunakan pakaian dengan corak kamuflase ala militer agar tidak mudah tertembak. Bila Anda tidak memilikinya, tidak menjadi masalah untuk menggunakan pakaian dengan corak lainnya hanya usahakan untuk menggunakan pakaian dengan bahan kuat (tidak mudah sobek) dan cocok untuk aktifitas outdoor serta tidak menggunakan warna mencolok.
d.    Helm atau Balaclava (WAJIB). Helm digunakan untuk melindungi kepala, telinga dan pelipis; dengan demikian wajib menggunakan helm yang dapat melindungi kepala, lubang telinga dan pelipis. Balaclava digunakan untuk melindungi bagian leher dan mulut.
e.    Glove, knee & elbow pad, water canteen dll
f.     Untuk alasan keamanan standar FPS (Feet Per Second) dari airsoftgun adalah maksimum 450 fps untuk tipe serbu dan maksimum 550 fps untuk tipe support dan sniper. Semua diuji dengan chrono meter menggunakan 6mm BB bullets 0.20 gram.
g.    Pemain dengan kondisi khusus. Untuk Anda yg memiliki karakterisitik kesehatan tertentu seperti alergi, asthma, dll agar selalu memastikan dalam kondisi terbaik pada saat mengikuti wargame (cek ke dokter terlebih dahulu) dan selalu membawa obat-obatan yg diperlukan.
Pra-permainan:
§  Airsoftgun dibawa terbungkus dan hanya dibuka di area permainan
§  Jika menggunakan gear ala militer, hanya dipakai setelah didalam area
§  Magasin tidak terpasang di safety/staging area
§  Safety on di safety/staging area
§  Tidak ada uji tembak di safety/staging area

2.      Aturan Permainan (Rule of The Game / RoG)
a.    Peserta permainan adalah pria dan wanita berumur minimal 18 tahun, memiliki akal dan mmental yang sehat serta bertanggung jawab.
b.    Airsoft merupakan aktifitas permainan yang mengutamakan sportifitas. Karena itu sangat penting untuk mengakui hit. Yang dilakukan bila terkena hit: berteriak “Hit!!”, angkat mainan Airsoft gun, lalu keluar dari area wargame dan menuju safe zone.
c.    Area hit adalah seluruh bagian tubuh, baik bagian depan maupun belakang.
d.    Hindari menembak target pada jarak kurang dari 5 meter.
e.    Dilarang melakukan blind shoot (hanya mengeluarkan mainan Airsoft gun untuk menembak tanpa melihat sasaran). Setiap kali Anda menembak Anda harus dapat melihat target dengan jelas.
f.     Ricochet (peluru BB yang memantul) tidak dihitung namun Anda harus benar-benar melihat peluru BB mengenai objek lain terlebih dahulu sebelum mengenai area hit.
g.    Peluru BB yang menerobos ilalang, rumput, atau tanaman apabila terkena tetap dianggap sebagai hit.
h.    Dilarang melakukan kontak fisik dalam bentuk apapun (memukul, merebut, mendorong, merangkul, dll) kecuali melakukan silent hit (lihat point berikutnya).
i.      Silent hit dilakukan dengan menepuk target (dibagian tubuh manapun secara pelan-pelan) dengan tangan. Target yg terkena silent kill dilarang berteriak atau melakukan cara apapun untuk memberitahu temannya mengenai posisi lawan yang melakukan silent kill. Jika dalam permainan menggunakan medic maka pemain yang terkena silent kill dianggap keluar dari permainan (tidak dapat disembukan oleh medic). Pemain yang terkena silent kill tetap harus berapa di tempatnya selama 5 menit sebelum berjalan menuju safe zone.
j.      Finger Off rule : hanya siapkan jari anda di trigger pada saat mentarget lawan selama wargame. Diluar itu selalu finger off.
k.    Muzzle Discipline : jangan pernah arahkan mainan Airsoft gun Anda ke orang lain atau ke materi/objek padat pada saat tidak mengikuti wargame.
l.      Jangan menyampah di lokasi. Cukup kita menyampah BB saja.
m. Dilarang merusak properti apapun yang ada di lokasi.
n.    Dilarang keras membawa dan menggunakan s*nj**a tajam dalam bentuk apapun pada saat wargame kecuali untuk keperluan pembukaan lokasi atau memasak dengan seijin pengurus.
o.    Simpan mainan Airsoft gun anda dengan baik saat menuju ke lokasi permainan atau saat berada di tempat publik. Apabila Anda tidak memiliki tas khusus untuk menyimpan mainan Airsoft gun, gunakan kardus asli mainan Airsoft gun tersebut.
p.    Dilarang membawa s*nj**a api (real steel) dan senapan angin untuk alasan apapun.
q.    Dilarang mengkonsumsi obat-obatan dan minuman keras.




1 komentar:

  1. base campx di mn, dan klo mau gabung jadi anggota apa kah harus memiliki perlengkapannya...????

    BalasHapus

Operation Malino II Album

Operation Malino ii Slideshow: Makassar’s trip to Makassar, Sulawesi, Indonesia was created by TripAdvisor. See another Makassar slideshow. Create your own stunning free slideshow from your travel photos.

memorium of MAD progress